Serangan Israel ke Gaza Strip

Serangan Israel ke Jalur Gaza telah berlangsung selama 10 hari lebih, bahkan baru saja Israel memulai perang darat.  Korban telah banyak berjatuhan dan masyarakat internasional di seluruh dunia sudah sejak awal mengecam dan mengutuk serangan tersebut.  Namun PBB dan negara-negara adikuasa yang berperan dalam pengambilan keputusan di Dewan Keamanan belum menemui kata sepakat soal sikap yang akan dikeluarkan, bahkan pemerintah Amerika Serikat terang-terangan mendukung serangan tersebut dengan dalih klasik bahwa serangan tersebut adalah salah satu upaya untuk memerangi terorisme, yaitu HAMAS.

Patut diakui bahwa HAMAS adalah duri dalam daging bagi pemerintah Palestina.  HAMAS adalah kelompok bersenjata non pemerintah yang sangat kuat pengaruhnya di Palestina terutama di Jalur Gaza, namun benarkah serangan Israel tersebut dilakukan untuk mengeliminasi HAMAS? Mengingat korban akibat serangan kebanyakan warga sipil. Kekuatiran saya adalah jangan-jangan Israel hendak mengulangi kesuksesannya di tahun 1973 ketika berhasil memperbesar wilayahnya.

Bagaimanapun dan dengan alasan apapun pemerintah Israel telah melakukan kejahatan kemanusiaan yang patut diperkarakan di Mahkamah Internasional.  Di lain pihak pemerintah Palestina mesti mampu mengendalikan sepak terjang HAMAS agar tidak lagi menjadi duri dalam daging bagi pemerintah Palestina dalam mengusahakan perdamaian abadi di Timur Tengah. 

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

SPONSOR

Blog Directory & Search engineblog search directoryblogarama - the blog directoryWORLD TOP WEBSITES - Top Site Directory | Add URL | Submit URL
Top Personal blogsBlogger IndonesiaPage Rank CheckerAdd to Technorati FavoritesIncrease Page Rank
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger.

TOPO