Bagaimana Mengatasi Migrain?

Banyak orang yang, barangkali termasuk anda, sering mengalami sakit kepala sebelah yang biasanya berlangsung mulai dari satu jam sampai berhari-hari.  Para ahli menamakan serangan sakit kepala ini sebagai migrain.  Sakit kepala migrain sangat terasa terutama saat tidur, yaitu penderita sering terbangun pada waktu dini hari dan mengalami sakit kepala pada satu sisi yang berpusat di sekitar mata yang mengakibatkan mata merah dan berair. Penderita juga merasakan sesak napas, pilek, penderita selalu ingin bergerak, membenturkan kepala ke tembok dan lain-lain.

Penyebab migrain belum diketahui secara persis. Namun catatan kedokteran menunjukkan bahwa migrain dapat diderita oleh semua usia. Wanita lebih sering terkena migrain dibanding pria. Dan, separuh kasus migrain mempunyai riwayat keluarga migrain.

Migrain biasanya menyerang di waktu pagi hari. Padahal jam-jam tersebut adalah jam-jam produktif kita bekerja. Tentu migrain sangat menganggu produktivitas. Bukan hanya karena rasa nyeri yang sangat kuat itu membuat tak bisa bekerja dengan baik, penderita biasanya mengalami gangguan emosi. Misal, menjadi gelisah, mudah marah, depresi. Oleh karena itu langkah terbaik untuk menangani penderitaan akibat migrain ini adalah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat yang tepat. Namun demikian, tetap ada beberapa tips sederhana untuk meredakan nyeri migrain ini.

Beristirahatlah.
Penderita migrain biasanya peka terhadap cahaya. Oleh karena itu untuk meredakan rasa nyeri ini, penderita disarankan untuk beristirahat di tempat yang gelap dan tenang. Jauhilah sumber-sumber keramaian dan tempat bercahaya terang. Tenangkan diri dengan sebaik-baiknya dan cobalah untuk tidur.

Kompres kepala dengan es/air dingin.
Coba redakan rasa nyeri itu dengan mengompres bagian yang sakit dengan es atau air dingin. Dingin bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

Jauhi sumber-sumber penyebab migrain.
Ada beberapa zat yanng dapat memicu migrain, seperti caffein, alkohol. Jika migrain disebabkan oleh alergi, jauhi sumber alergi, misal, coklat, susu, keju, dan monosodium glutamat (MSG) dalam vetsin. Kurangi minum kopi atau teh. Adakalanya sedikit cafein/kopi dapat meredakan migrain. Namun lebih dari secangkir kopi akan menambah rasa nyeri migrain. Selain itu, jauhi juga cologne dan bau-bauan yang menyengat karena dapat memperparah migrain.

Hangatkan bagian leher.
Berikan kerileksan pada leher. Leher biasanya adalah bagian tubuh yang bekerja berat menopang kepala. Kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit kepala. Saat beristirahat, coba hangatkan leher anda. Atau, beri sedikit pijatan lembut.

Minum obat pereda sakit.
Ada banyak obat pereda sakit berupa analgesik dan antipiretik. Aspirin biasanya menjadi pilihan banyak orang. Namun, jangan sembarang minum obat. Yang terbaik adalah obat yang dianjurkan oleh dokter anda.

[disalin dari Milis Nova]

2 Comentários:

radioholicz said...

waduh, gimana saya dengan weda yah?

raja dan ratu vetsin...

riyadi wirawan said...

bener...istirahat aja ditempat gelap, ntar juga sembuh.

Post a Comment

SPONSOR

Blog Directory & Search engineblog search directoryblogarama - the blog directoryWORLD TOP WEBSITES - Top Site Directory | Add URL | Submit URL
Top Personal blogsBlogger IndonesiaPage Rank CheckerAdd to Technorati FavoritesIncrease Page Rank
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

  ©Template Blogger Elegance by Dicas Blogger.

TOPO